Detail Berita

Ini Alasan NasDem Denpasar Keukeuh Usung Rai Mantra Cagub Bali

  • 28 Februari 2017

DENPASAR - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Parta NasDem Kota Denpasar tetap menegaskan dukungan politiknya kepada Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra sebagai calon Gubernur Bali pada pemilihan gubernur 2018.
 
Ketua DPD Partai NasDem Denpasar Dewa Nyoman Budiasa menegaskan, dukungan kepada Rai Mantra yang saat ini menjadi wali Kota Denpasar dicapai setelah melewati pertimbangan matang baik secara mekanism internal partai maupun aspirasi masyarakat.
 
"Kami ingin mempertegas dukungan DPD Partai NasDem Denpasar kepada cagub yang kita usung Rai Mantra," tegas Budiasa dalam keterangan resminya di Denpasar, Selasa (28/2/17).
 
Alasan figur Rai Mantra layak diusung sebagai Cagub Bali, setelah mendengar aspirasi masyarakat yang mendorong Rai Mantra, maupun juga sikap politik tokoh Griya Kedaton di Banjar Bengkel Denpasar itu, yang bersedia maju dalam Pilgub Bali.
 
Ditegaskannya, bahwa NasDem memiliki mekanisme internal, tidak hanya berdasar kepada kebijakan organisasi dalam memilih calon pemimpin namun juga mengacu aspirasi masyarakat. "Tiga hari lalu, dalam rapat pleno NasDem sudah merespons aspirasi masyarakat, sesuai jargon restorasi yang kita degungkan untuk memperbaiki keadaan yang mencerahkan," sambungnya.
 
Selain itu, tak kalah pentingnya, dalam memilih calon pemimpin harus melihat bibit, bebet dan bobot. Rai Dharma Wijaya dinilai mewarisi marwah ayahandanya Gubernur Bali Ida Bagus Mantra diantaranya memperjuangkan keberadaan LPD Bali.
 
Apalagi, lanjutnya, Bali ke depan sebagai daerah pariwisata harus memiliki seorang pemimpin yang memiliki roh perjuangan dalam membela rakyat. Ditengah gempuran moderninasi, maka pariwisata tidak memerlukan pembangunan hotel yang jor-joran melainkan figur yang harus tanggap dengan situasi dan mampu bertahan dari krisis.
 
Di mata kader NasDem Denpasar, kepemimpinan Rai Mantra yang mempertahakan basis budaya dan adat Bali, memberikan harapan baru dalam memperbaiki software masyarakat. Pemikiran dan apa yang diperbuat Rai Mantra disebut-sebut sesuai dengan restorasi yang diperjuangan Partai NasDem.
 
"Kita sepakat mengusung Rai Mantra jadi Gubernur Bali dan kami siap berada di garda depan baik dengan berkoalisi ataupun jika Rai Mantra ingin maju lewat jalur independen," tegasnya. Disinggung soal pendamping atau calon wakil gubernur yang akan mendampingi Rai Mantra, Budiasa menyatakan semua itu diserahkan kepada Rai Mantra untuk menentukannya.
 
Pendek kata, NasDem mendukung Rai Mantra tanpa syarat. Tentunya Rai Mantra diyakini bisa bekerja dengan baik termasuk dalam memilih figur pendampingnya yang bisa diajak bekerja sama.
 
Dalam kesempatan itu, selain menegaskan dukungan untuk pencalonan Rai Mantra pada Pilgub Bali mendatang, pihaknya juga menyampaikan kesiapan DPD NasDem Denpasar menyelenggarakan proses rekruitmen untuk pencalegan secar nasional lewat "NasDem Memanggil"
 
Lebih Program nasional NasDem memanggil ini pihaknya mempersilakan siapa saja yang ingin mendaftarkan diri dalam pemilihan anggota legislatif lewat kendaraan politik partai besutan Surya Paloh itu. Pihaknya telah membentuk formatur badan pemenangan pemilu (Bappilu) yang beranggotakan 24 orang pengurus. (rhm)

Sumber : KabarNusa.com