Detail Berita

Berjasa Bagi Pelaut, Dewa Budiasa Raih Penghargaan dari Queen International

  • 22 Mei 2018

Tokoh pelaut Bali yang juga Sekjen (Sekretaris Jenderal) Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) Pusat I Dewa Nyoman Budiasa memang dikenal getol dan aktif memperjuangkan hak-hak dan kesejahteraan pelaut. Atas dedikasi dan totalitasnya baik di organisasi serikat pekerja pelaut yakni KPI dan juga meningkatkan kualitas SDM kepelautan di Bali, Dewi Budiasa meraih penghargaan dari Queen International Hospitality Management Campus.
 
Penghargaan ini diterima bersama dengan tiga pelaut lainnya baik yang masih aktif bekerja di kapal pesiar maupun yang sudah purna layar serangkaian acara HUT ke-3 Queen International Hospitality Management Campus di Istana Taman Jepun Denpasar (Bali Seafarers Center), Minggu (20/5/2018).
 
"Kami sampaikan apresiasi pada Queen International yang sudah memberikan perhatian dan penghargaan pada pelaut. Penghargaan ini luar biasa. Sebab selama ini masih minim penghargaan bagi pelaut," kata Dewa Budiasa  didampingi tiga pelaut lainnya yakni Wayan Sudiarta, Iriane Thamrin dan Kadek Astawa yang juga menerima penghargaan serupa.
 
Melalui peringatan HUT ke-3 Queen International yang juga bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei, Dewa Budiasa juga mengajak seluruh pelaut untuk bangkit. Apalagi pelaut merupakan profesi tertua. Nenek moyang bangsa Indonesia pun dikenal sebagai pelaut tangguh.
 
"Semoga ini jadi titik tolak kebangkitan pelaut di Indonesia. Nenek moyang pelaut Indonesia sempat berjaya menguasai regional Asia. Semoga itu bisa terulang. Terlebih ada keinginan Presiden Jokowi mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim," tambah Dewa Budiasa yang juga Ketua DPD Partai NasDem Denpasar Barat itu.
 
Pihaknya juga berharap Queen International mampu mencetak SDM pelaut kapal pesiar yang berdaya saing global dan berkarakter. Terlebih peluang kerja di kapal pesiar setiap tahun terus bertambah. "Semoga Queen International bisa jadi terdepan mencetak SDM pelaut kapal pesiar yang handal. Berikan juga award lain kepada para pelaut," harap Dewa Budiasa lantas menambahkan dirinya saat ini fokus mengabdi kepada pelaut lewat organisasi KPI Pusat maupun juga di ITF (International Transport Workers' Federation).
 
Sementara itu pendiri dan Direktur Queen International Hospitality Management Campus I Putu Eka Antoni Sukmajaya mengatakan  The First Queeners Award ini memberikan apresiasi  kepada para pelaut baik yang aktif maupun sudah purna layar. Keempat tokoh pelaut yang diberikan penghargaan ini saat ini masih terus berkarya, beraktivitas menginspirasi pemuda pemudi Bali untuk mau bersaing di skala nasional dan internasional. "The First Queeners Award ini semoga bisa jadi inspirasi bagi generasi muda untuk berbuat terbaik bagi keluarga, nusa dan bangsa," pungkas Antoni. (Baliekbis.com)